Siapa Bapak Pramuka Indonesia?

Siapa Bapak Pramuka Indonesia?

Pramuka adalah sebuah gerakan kepanduan yang memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian yang berkarakter, memiliki keterampilan, serta berdedikasi tinggi kepada masyarakat dan negara. Gerakan ini pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1961 dan memiliki sosok yang dihormati sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Siapa sebenarnya Bapak Pramuka Indonesia?

Pembentukan Gerakan Pramuka di Indonesia

Gerakan Pramuka di Indonesia didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno dengan nama Gerakan Pramuka Indonesia (GPI). Gerakan Pramuka ini merupakan hasil penggabungan beberapa Organisasi Kepanduan yang ada di Indonesia pada saat itu, yaitu

  • Pandu Rakya Indonesia (PRI)
  • Pandu Rakyat Indonesia (PRI)
  • Pandu Rakya Islam (PRI)
  • Pandu Rakyat Islam (PRI)
  • Pandu Rakyat Katolik (PRK)
  • Pandu Rakyat Kristen (PRK)
  • Pandu Rakyat Hindu (PRH)
  • Pandu Rakyat Budha (PRB)

Pada saat berdirinya Gerakan Pramuka Indonesia, sosok yang ditunjuk sebagai Bapak Pramuka Indonesia adalah Dr. Dharma Setiawan. Beliau merupakan seorang dokter yang juga memiliki dedikasi tinggi dalam bidang kepanduan. Namun, seiring berjalannya waktu, sosok Bapak Pramuka Indonesia berganti dengan tokoh yang lebih dikenal oleh masyarakat.

Sosok Baru sebagai Bapak Pramuka Indonesia

Pada tahun 1972, Dr. Dharma Setiawan digantikan oleh Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Beliau adalah seorang ekonom dan juga dikenal sebagai guru besar dari Universitas Indonesia. Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo memimpin Gerakan Pramuka Indonesia selama kurang lebih 20 tahun, hingga beliau wafat pada tahun 1995.

Setelah kepemimpinan Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo, pada tahun 1996, posisi Bapak Pramuka Indonesia dijabat oleh Soewardi Hardjono. Beliau adalah seorang akademisi dan juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada era Presiden Soeharto. Soewardi Hardjono memimpin Gerakan Pramuka Indonesia selama kurang lebih 10 tahun.

Bapak Pramuka Indonesia Saat Ini

Saat ini, sosok yang diakui sebagai Bapak Pramuka Indonesia adalah Surya Tjandra. Beliau resmi menjabat sebagai Bapak Pramuka Indonesia sejak tahun 2007 dan masih menjabat hingga saat ini. Surya Tjandra merupakan seorang guru besar dari Universitas Negeri Jakarta dan memiliki latar belakang pendidikan kepramukaan yang kuat.

Sebagai Bapak Pramuka Indonesia, Surya Tjandra aktif dalam memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia. Beliau terlibat dalam berbagai kegiatan pramuka nasional serta berperan penting dalam membentuk arah dan kebijakan gerakan kepanduan di Indonesia.

Kesimpulan

Siapa Bapak Pramuka Indonesia? Seiring berjalannya waktu, sosok Bapak Pramuka Indonesia berganti-ganti. Dr. Dharma Setiawan, Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo, Soewardi Hardjono, dan saat ini Surya Tjandra adalah sosok-sosok yang diakui sebagai Bapak Pramuka Indonesia dalam periode kepemimpinannya masing-masing. Mereka memiliki peran penting dalam memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia dan membentuk karakter pemuda-pemudi yang berkualitas. Gerakan Pramuka Indonesia terus berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pemasangan Atribut Pramuka

Tanda Pengenal Pramuka Penggalang: Mengenal Lebih Dekat

Cara Memakai Baret Pramuka dengan Benar dan Tepat