Contoh Surat Izin Pramuka

Contoh Surat Izin Pramuka

Surat izin pramuka adalah surat yang digunakan untuk meminta izin atau persetujuan kepada pihak yang berwenang dalam kegiatan kepramukaan. Surat ini sangat penting untuk memastikan bahwa kegiatan pramuka dapat dilakukan dengan legal dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat izin pramuka yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

1. Surat Izin Pramuka untuk Kegiatan Lomba

Jakarta, 12 Oktober 2022

Kepada Yth.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jakarta

Di tempat

Dengan hormat,

Kami, Ketua Kwarran Pramuka Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan lomba pramuka tingkat kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa pramuka dari berbagai sekolah di Jakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon izin kepada pihak sekolah untuk menggunakan lapangan dan fasilitas sekolah dalam rangka pelaksanaan kegiatan lomba pramuka tersebut.

Kami akan bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan atau gangguan yang mungkin terjadi selama kegiatan berlangsung. Kami juga akan menjaga kebersihan dan kerapihan area yang digunakan.

2. Surat Izin Pramuka untuk Kegiatan Kemah

Jakarta, 15 Januari 2023

Kepada Yth.

Kepala Desa Cibubur

Di tempat

Dengan hormat,

Kami, Ketua Kwarran Pramuka Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan kemah pramuka tingkat kwarran yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota pramuka dari kwarran Jakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon izin kepada pihak desa untuk menggunakan lahan kosong di sekitar Desa Cibubur sebagai tempat berkemah. Kami juga memohon izin untuk menggunakan air dan fasilitas umum yang ada di desa.

Kami akan menjaga kebersihan area yang digunakan, serta akan berkoordinasi dengan pihak keamanan desa untuk menjaga keamanan selama kegiatan berlangsung.

3. Surat Izin Pramuka untuk Kegiatan Bakti Sosial

Jakarta, 20 Mei 2023

Kepada Yth.

Kepala Panti Asuhan Kasih Sayang

Di tempat

Dengan hormat,

Kami, Ketua Kwarran Pramuka Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan bakti sosial pramuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada anak-anak panti asuhan yang membutuhkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon izin kepada pihak panti asuhan untuk mengadakan kegiatan ini di area panti asuhan. Kami juga memohon izin untuk menggunakan fasilitas yang ada di panti asuhan, seperti ruang pertemuan dan lapangan.

Kami akan menjaga kebersihan dan kerapihan area yang digunakan, serta akan berkoordinasi dengan pihak panti asuhan untuk menentukan kebutuhan dan kegiatan yang akan dilakukan.

4. Surat Izin Pramuka untuk Kegiatan Pencinta Alam

Jakarta, 8 September 2023

Kepada Yth.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Di tempat

Dengan hormat,

Kami, Ketua Kwarran Pramuka Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan pencinta alam pramuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta kepada keindahan alam di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon izin kepada pihak Balai Taman Nasional untuk mengadakan kegiatan ini di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kami juga memohon izin untuk menggunakan fasilitas yang ada, seperti shelter dan jalur pendakian yang telah ditetapkan.

Kami akan menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama kegiatan berlangsung. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional untuk mengetahui peraturan dan petunjuk yang harus diikuti selama kegiatan.

5. Surat Izin Pramuka untuk Kegiatan Pelantikan

Jakarta, 15 Desember 2023

Kepada Yth.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Di tempat

Dengan hormat,

Kami, Ketua Kwarran Pramuka Jakarta, bermaksud mengadakan kegiatan pelantikan anggota baru pramuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk melantik anggota baru yang telah menyelesaikan tahap pembinaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon izin kepada pihak Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengadakan kegiatan ini di area Pramuka Indonesia. Kami juga memohon izin untuk menggunakan fasilitas yang ada, seperti aula dan lapangan.

Kami akan menjaga kebersihan dan kerapihan area yang digunakan, serta akan berkoordinasi dengan pihak Pramuka Indonesia untuk mengetahui peraturan dan petunjuk yang harus diikuti selama kegiatan.

Demikianlah contoh surat izin pramuka yang dapat kami sampaikan. Pastikan untuk selalu menyesuaikan surat izin dengan kebutuhan dan prosedur yang berlaku di tempat Anda. Semoga contoh surat izin pramuka ini bermanfaat bagi Anda dalam menyusun surat izin pramuka yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pemasangan Atribut Pramuka

Tanda Pengenal Pramuka Penggalang: Mengenal Lebih Dekat

Cara Memakai Baret Pramuka dengan Benar dan Tepat